Tunas Tua dan Tunas Muda Menaklukkan MEA

Oleh : Zaenab (Manajemen 2013)

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai sumber daya alam yang sangat banyak. Maka dari itu, kebutuhan akan kualitas dan kompetensi sumberdaya manusia di Indonesia harus diasah dengan baik, karena melihat begitu banyak potensi alam yang belum termanfaatkan dengan baik di Negara kita ini. Salah satu pilar perekonomian Negara adalah swasta dalam hal ini adalah bisnis akan sangat mendorong dan membantu stabilitas ekonomi apalagi di era seperti sekarang ini di mana kita telah tergabung dalam MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) sehingga tentunya akan menjadi tantangan bagi negara kita khususnya kaum-kaum muda untuk terus meningkatkan prouktivitasnya dan menciptakan atau mengasah kreaivitas dan inovasi untuk menghasilkan produk sehingga mampu bersaing dengan Negara-negara ASEAN lainnya. Salah satu tanaman di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk bisa dikembangkan dan menaklukkan MEA adalah tanaman Bamboo yang dalam hal ini merupakan tema dari penulisan ini yaitu “Tunas Tua dan Tunas Muda”. Tanaman ini merupakan tanaman yang sangat potesial untuk dimanfaatkan menjadi komoditi ekonomi. Dan apabila ide ini dikembangkan dengan baik tentunya akan memberikan sumbangsi bagi pertumbuhan ekonomi karena dapat menjadi sektor industry yang produktif dan memiliki competitive adventage untuk diperdagangkan, serta bisa menambah lapangan kerja yang akan mengurangi tingkat pengangguran di Negara kita. Tanaman bamboo dikatakan dapat memberikan sumbangsi karena tanaman bamboo inii tersebar dan tumbuh besar di Indonesia Khususnya di pulau Jawa, serta mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan tidak seperti tamanan lainnya yang memiliki perawatan khusus dalam pertumbuhannya. Tanaman bamboo ini bisa dijadikan sebagai bahan pokok dalam pembuatan meja, kursi, dipan dan perabot rumah lainnya. Tamanan ini diharapkan bisa dijadikan sebagai pengganti kayu agar bisa mengurangi kerusakan hutan akibat penebangan secara liar, apalagi melihat tumbuhan kayu yang pertumbuhannya sangat lama dan akan habis jika terus ditebang oleh pihak-pihak yang tidak tidak bertanggungjawab. Sedangkankan bamboo dimana kita bisa lihat bahwa dia memiliki pertumbuhan yang sangat pesat dan jika bisa dijadikan sebagai pengganti kayu maka akan meminimalisir terjadinya kerusakan hutan di Negara kita. Adapun strategi yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan produksi bamboo yaitu dengan cara meningkatkan produktivitas petani bamboo, pengoptimalan kualitas komoditi yang dihasilkan dari tanaman bamboo serta pengimplementasian strategi pemasaran. Jika semua strategi ini diterapkan tentunya tanaman bamboo ini bisa diandalkan untuk meningkatkan perekonomian di
Indonesia dan tentunya bisa menaklukkan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Pertanyaan :
ALIF
Bagaimana perbandingan antara potensi Indonesia dalam pengelolaan bamboo dengan Negara ASEAN lainnya?
Di mana letak keunggulan bamboo sehingga bisa dijadikan sebagai potensi dalam persaingan di MEA?
Jawab: Di Indonesia potensi bamboo untuk tumbuh sangat besar serta kurangnya pemanfaaatan bamboo yang menjadikan karya tulis ini mengambil tanaman bamboo sebagai komoditi Negara Indonesia. Sehingga perbandingan antara potensi Indonesia dengan negara Asean lainnya tidak terlalu dihiraukan. Sama halnya di Negara Cina di mana dia menguatkan potensi internalnya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Negaranya. Sehingga kita bisa bercermin dari negara tersebut. Kita bisa mengandalkan potensi yang bisa dikembangkan yang kita miliki dalam hal ini bamboo dalam menghasilkan produk-produk bermanfaat agar tidak lagi mengimpor barang dari luar.

ANUGRAH FATMIRANI
Mengapa bamboo yang dijadikan sebagai barang komoditi bangsa Indonesia?
Jawab : mengapa bamboo yang diharapkan bisa dijadikan sebagai barang komoditi di Indonesia karena tanaman bamboo ini dirasa tidak dikembangkan di Indonesia sedangkan tanaman ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia jika dikelola dengan baik.

Saran : Diharapkan agar kita sebagai generasi atau tunas-tunas muda Indonesia untuk terus mencari dan menggali potensi-potensi yang kita miliki melihat sumber daya alam yang melimpah serta mengelola dan mengembanggkannya dengan baik sehingga memberikan dampak positif bagi negara kita sendiri. (YA)

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks
Posted in Info Terkini (IMMAJ), Info Terkini (kampus), Pojok Diskusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *