The Impact of Social and Environmental Information on Manager’s Decisions Experimental Evidence from Indonesia


Oleh : Afdal. SE. M.Sc. Ak. CA

Seorang manajer ketika dihadapkan dalam pengambilan keputusan seperti dalam pengambilan keputusan akan menerima proyek ataupun tidak, mereka akan mempertimbangkan banyak faktor dalam pengambilan keputusannya, tidak hanya membutuhkan informasi tentang ekonomi saja melainkan membutuhkan pula informasi tentang sosial dan lingkungan. Hal inilah yang menjadi latar belakang dalam penelitian yang dilakukan oleh Bapak Afdal. SE. M.Sc. Ak. CA yang diselesaikan dalam bentuk tesis yang dijadikan artikel kemudian dipresentasikan di konferensi internasional.

Sebuah hipotesis dirumuskan untuk menjawab pertanyaan “Apakah seorang manajer akan mempertimbangkan informasi sosial dan lingkungan untuk mengambil sebuah keputusan?” adalah bahwa seorang manajer ketika dihadapkan dengan informasi ekonomi dalam keadaan baik namun keadaan sosial dan ekonomi memburuk, maka manajer tersebut akan menolak sebuah proyek dalam pengambilan keputusan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka dilakukan penelitian dengan metode eksperimen dengan sampel dari mahasiswa Universitas Gajah Mada yang dikelompokkan secara acak dan disuguhkan instrumen penelitian untuk yang dimana peserta diminta untuk bertindak sebagai seorang manajer untuk mengambil keputusan.

Dalam hasil penelitian tersebut terdapat beberapa kelompok manajer dalam hal pengambilan keputusan yaitu;
Kelompok A : Manajer hanya diberikan informasi ekonomi dalam keadaan baik
Kelompok B : Manajer diberikan informasi ekonomi dalam keadaan baik, namun informasi sosial dan lingkungan dalam keadaan buruk
Kelompok C : Manajer diberikan hanya informasi ekonomi dalam keadaan buruk
Kelompok D : Manajer diberikan informasi ekonomi dalam keadaan buruk, namun informasi sosial dan lingkungan dalam keadaan baik.

Dari kelompok-kelompok tersebut diuji dengan menggunakan analisis varians dengan hasil bahwa “Manajer dalam pengambilan keputusan akan mempertimbangkan informasi sosial dan lingkungan”. Hal ini menjelaskan bahwa hipotesis yang telah dijelaskan sebelumnya terbukti. Sehingga mengimplikasikan bahwa seorang akuntan seharusnya menyediakan informasi sosial dan lingkungan dalam pengambilan keputusan untuk seorang manajer untuk memperhatikan dampak sosial dan lungkungan terhadap keputusan seorang manajer. (YA/RAW)

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks
Posted in Info Terkini (IMMAJ), Info Terkini (kampus), Pojok Diskusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *