LEMA FEB-UH Bahas Isu SDGs dari Perspektif Ekonomi dan Bisnis

Unhas, immajfeuh.org – Ikatan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (IMMAJ FEB-UH) menggelar focus group discussion (FGD) pada Jumat lalu (10/3). Bertujuan untuk menindaklanjuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan lembaga kemahasiswaan (LEMA FEB-UH) sebelumnya, FGD ini kembali mengangkat isu lingkungan sebagai tema utama, yaitu “Perspective of Economics and Business to Support SDGs 2030”.

Sebelum memulai FGD, ketua masing-masing himpunan memaparkan gambaran umum subtema. Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi (HIMAJIE) Dwiki Argawinata menjelaskan tentang Green Economics, Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Akuntansi (IMA) Juliana Ham membahas tentang Green Accounting, dan Green Management dibahas oleh Irawati selaku Chief Executive Officer Ikatan Mahasiswa Manajemen (IMMAJ). Peserta yang hadir di Aula FIS B FEB-UH merupakan perwakilan lingkup keluarga mahasiswa (KEMA FEB-UH).

Perspektif ilmu ekonomi menyebutkan bahwa isu lingkungan kini dapat diterapkan pada teori Gross Domestic Product (GDP) yaitu Green GDP yang merupakan hasil dari pengurangan GDP dengan biaya-biaya penanggulangan kerusakan lingkungan. Sedangkan manajemen memandang bahwa paradigma bisnis yang dulunya fokus pada keuntungan kini sudah bergeser ke faktor-faktor eksternal termasuk lingkungan. Green Acconting juga menyebutkan bahwa fokus akuntansi yang awalnya single bottom line atau fokus hanya pada finansial (profit), kini menjadi triple bottom line atau fokus pada tiga hal yaitu profit, people, dan planet.

Setelah diskusi selama kurang lebih dua jam, akhirnya peserta menyetujui beberapa kesepakatan sebagai hasil resolusi, salah satunya yaitu memberikan pendidikan dan pelatihan terkait isu lingkungan sejak usia dini.

Peserta juga sepakat untuk mengadakan forum-forum lain agar resolusi yang sudah disepakati dapat terus ditindaklanjuti. (RAW)

Incoming search terms:

  • immajfeuh org
Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks
Posted in Info Terkini (IMMAJ), Info Terkini (kampus), Pojok Diskusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *