IMMAJ FEB-UH Goes to Indonesia Stock Exchange (IDX) Makassar

Peserta Goes To IDX Makassar berfoto bersama dengan pihak IDX Makassar dan MNC Securities (24/11)

Peserta Goes To IDX Makassar berfoto bersama dengan pihak IDX Makassar dan MNC Securities (24/11)

Unhas, immajfeuh.org – Ikatan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (IMMAJ FEB-UH) mengadakan Study Visit ke Bursa Efek Indonesia cabang Makassar yang bertempat di Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 124 Makassar, Kamis lalu (24/11). Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Departemen Management Development yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan pemahaman terhadap ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan sehingga menjadi sarana untuk melihat implementasi dari teori ekonomi, khususnya disiplin ilmu manajemen.

Berlangsung selama kurang lebih tiga setengah jam, mulai pukul 10:00 hingga 13:30 WITA dan terbagi atas dua sesi acara. Sesi pertama dibawakan oleh Achmad Irfan Ibrahim selaku Supervisor Representative Office Makassar, menjelaskan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia secara komprehensif termasuk tentang bagaimana pasar modal di Indonesia. Kemudian Yoko Musajaya selaku Marketing Officer MNC Securities Makassar menjelaskan tentang bagaimana proses transaksi pasar modal dalam MNC Securities. Total peserta yang hadir sebanyak 22 orang.

Bursa Efek Indonesia merupakan perusahaan swasta nirlaba yang diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan jumlah pegawai 350 orang tersebar di seluruh Indonesia. Selain Bursa Efek Indonesia terdapat dua lembaga yang menentukan arah perkembangan pasar modal di Indonesia yaitu KPEI (Kliring Penjamin Efek Indonesia) dan KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia). Dimana, KPEI bertugas sebagai lembaga penjamin dana efek Indonesias sedangkan KSEI sebagai gudang pasar modal ataupun saham dalam elektronik maupun cetak.

Salah satu perusahaan yang terdaftar memiliki efek di Bursa Efek Indonesia adalah MNC Securities. MNC Securities secara formal merupakan pemegang saham mayoritas perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa keuangan MNC Capital dari anak perusahaan MNC Corporation. Yoko Musajaya memberikan simulasi bagaimana bertransaksi di pasar modal melalui layanan online trading dengan nama MNC Trade yang dapat diunduh melalui PlayStore dan AppStore. Saat penjelasan sesi dua ini terlihat antusias dari peserta untuk bertransaksi di pasar modal.

Sebagai penutupun dalam kegiatan Study Visit, Chief Executive Officer IMMAJ FEB-UH Irawati Ismail dan Chief Marketing Officer IMMAJ FEB-UH Ahmad Ali Abubakar menyerahkan plakat kepada pihak IDX Makassar yang diwakili oleh Ahmad Irfan Ibrahim dan Yoko Musajaya selaku perwakilan MNC Securities. (YA/RAW)

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks
Posted in Info Terkini (IMMAJ), Info Terkini (kampus).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *