CABIK

CABIK
Oleh Fahmi Ramadhan

kala kuberdiri di kejauhan yang tinggi
kutetapkan arah mata beningku
menatap gerombolan pasang mata
yang sibuk menderu-dera

sesekali kuarahkan satu mataku
ke pusat kebisingan itu
yang menggema tanpa henti
bak sebuah wadah yang teruah air

aku pusing melihat dan mendengar
segala apa yang termaktub di hadapanku
lalu, kupandang dengan agak lama
dengan sedikit mencongakkan kepalaku

kupandangi lampu berkerlap-kerlip
agak lama memang
dan aku mulai jenuh
suara bising itu tetap berdendang

kututup saja mataku
memfokuskan satu berkas cahya
yang mungkin begitu konyol bagi mereka
tapi, itu yang membuatku tenang

Ia Bernama Indonesia

Ia Bernama Indonesia
Oleh Fahmi Ramadhan

Lihatlah dirinya…
Berdiri di atas pedang-pedang tajam
Yang siap untuk menyayat kulit suramnya
Yang siap mencincang daging-daging segarnya

Terkadang …
Dirinya tersungkur setengah nyawa
Menjerit kesakitan tak mampu menahan luka
Lalu diam agak lama

Tapi …
Entah mengapa ia tak mati saja ?
Itu mungkin lebih baik
Daripada menjadi tubuh yang tak berarti

Orang-orang bertanya padaku
Siapa sih dia?
Mengapa sengsara sekali
Aku hanya diam mendengarnya

Kau mau tahu siapa dia ?
Dia bernama Indonesia
Kawan lamaku
Yang selalu saja tersiksa

Aku kasihan padanya?
Tidak juga
Aku malu menjadi kawannya?
Mungkin, tapi entahlah

Aku ingin membantunya
Tapi, aku tak ada daya
Aku hanya seorang penonton
Aku harus akui itu

Aku hanya bisa melihatnya menderita
Karena aku juga menderita
Aku hanya bisa terdiam
Karena aku juga bisu

Setiap Kali

Setiap Kali

By Fahmi Ramadhan

 

Setiap kali deru dera itu
mendesir desar banyu dera
mengalun alin penuhi batin
hingga darah memerah parah
setiap kali buah buih itu
memecah getah sepah patah
mengerling hening penuh besing
hingga letih melatih sepatih

setiap kali getar getir itu
bergemam gemim bak kelim
menyepa sepi penuhi tepi
hingga urat memerat serat
Ah…mengapa harus setiap kali?
mengapa bukan setiap waktu,
ataukah setiap saat?

Ah…kuhentikan saja basa-basi ini

aku hanya ingin bergelit
mencoba membetik jiwa sempit
meresapkan benih yang sekasih
biarkan diri menanti istirah

Merayakan Hujan

Merayakan Hujan

by Anwar

 

merayakan hujan pertama bulan ini..

membaui debu yang tersiram,, ditelan hujan dan membuatnya kembali menyatu ke tanah

debu-debu yang merdeka melayang melepaskan jiwa parasitnya….

daun kering yang untuk beberapa lama bertahan, melepas kesetiaanya dari ranting untuk kemudian mengabdi pada alam… musnah dan kemudian berguna,, kematian yang berarti kehidupan bagi yang

lainkesetiaan yang berwujud sebagai pengorbanan

 

hujan pertama bulan ini akan merubah warna hari-hari hingga beberapa bulan kedepan.

daun-daun yang lama menguning kering yang menyerap penuh warna matahari akan berganti…

akan banyak tunas, daun-daun kecil perlahan menghijau, daun-daun kecil yang akan kedinginan..

kuning ke hijau dan langit akan banyak berwarna gelap..tapi warna payung tetap sama..

 

hujan pertama bulan ini….

membuat waktu akan berjalan tenang,, jarum jam yang akan menari bukan berlari seprti dulu sebelum hujan…

tidak akan ada lagi orang yang berjalan terburu-buru menghindari panas.. semua berganti langkah-langkah kecil yang menikmati gerimis,, berlari-lari kecil sambil tersenyum saat hujan mulai deras,, kemudian berteduh dan menikmati suara hujan yang menelan suara-suara yang lain…

 

hujan pertama bulan ini…

akan lebih banyak kekasih yang menikmati secangkir kopi bersama,, mencoba saling menghangatkan walau hanya bertatap mata  tanpa suara.. yang ada hanya suara hujan…

aku akan membersihkan balkon di atas rumah hanya untuk sekedar bisa duduk dan menikmati hujan..mengambil kopi yang masih panas yang baru saja ku seduh,,,  bukan untuk meminumnya karena perut ku kadang sakit setelah minum kopi.. aq hanya menikmati aromanya yang berpadu dengan debu-debu basah…itu cara q merayakan hujan….

 

yahhh merayakan hujan..

anak-anak tetangga q keluar berlari-lari membiarkan badannya yang telanjang menyerap hujan…tak peduli akan lelah, toh keringat pun tak tampak di tengah hujan.. yang ada hanya basah karena hujan..

semua menyatu dalam kesepakatan..

kesepakatan merayakan hujan…

Kenapa Harus Jatuh Cinta

Kenapa Harus Jatuh Cinta?

By Fahmi Ramadhan

” Jika cinta memanggilmu, ikutilah walau jalan berliku ” Sepotong karya sastra dari Kahlil Gibran ini, mengingatkan kita bahwa semua orang didunia ngga’ akan luput dari proses jatuh cinta. Semua orang akan menemukan ‘N melewatinya. Potensi itu sebenarnya sudah ada sejak seseorang dilahirkan. Maka jangan heran kalo’ adikmu yang masih Preschool bilang kalo’ ia suka ama temannya. Hanya saja, potensi itu bakal keliatan banget saat usiamu memasuki pubertas. dalam psikologi perkembangan, masa ini dibilang sebagai masa peralihan dari kanak-kanak ke remaja. Yach … itulah cinta, abstrak tapi dapat membuat segala sesuatu terasa lebih indah dan bermakna. Love Is Like Wind, We Cannot See It But We Can Feel It …
Cinta pada lawan jenis. Asyiiik ! Boleh dong sekarang kita merindukan seseorang ? Berandai-andai, kapan dia datang menjemput, makan berduaan and jalan bareng. Buat kamu yang lagi jatuh hati, artikel ini cocok banget buat kamu cermati. Kita belajar bareng mengenal lebih dekat soal cinta. Kita bisa mengenali cinta, mendeteksi dari mana asalnya, bagaimana menyatakannya, sampai di mana tempat yang paling tepat buat nyatain cinta. Cinta boleh milik siapa aja, kapan aja dan dimana aja. Kalo’ dipikir-pikir aneh ya. Kenapa sih kita manusia, bisa jatuh cinta. Ada bermacam-macam alasan. So’ Keep On Going …

KEBUTUHAN BIOLOGIS
Manusia itu diciptakan berpasangan, untuk saling melindungi dan menyayangi. Maka, sudah bagian dari fitrah manusia kalo’ memiliki potensi untuk mencintai ‘N dicintai. Dalam psikologi, cinta adalah bagian dari emosi yang secara naluri ngga’ bisa dihindari. Karena itu, ia menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Dalam artian, cinta harus direfleksikan kepada objek yang diinginkan. Singkatnya, kalo’ ada orang yang lagi mencintai orang lain, maka saat itu ia sedang memenuhi kebutuhan biologisnya.
BUTUH TEMAN CURHAT
Kadang-kadang kamu sulit membicarakan hal-hal yang bersifat privacy. Terhadap orang tua pun, kamu sulit berterus terang. Ngga’ semua anak bisa berkomunikasi dengan orang tuanya dan juga sebaliknya. Meskipun hal tersebut ngga’ baik jika kamu abaikan. Bagaimanapun juga, orang tuamu adalah pendengarmu yang paling baik dan setia lho. Ngga’ tahu kenapa, buat sebagian orang, ada hal-hal yang memang bikin ricuh dan malu untuk diomongin ke orang tua. Kalo’ sudah gini, seseorang butuh teman yang bisa ngerti dan siap mendengarkan semua keluhan. Biasanya curhat dengan lawan jenis terasa lebih menarik ketimbang dengan sesama jenis. Kadang jawaban yang diberikan terasa lebih objektif, iya kan ? Ngga’ heran kalo’ banyak orang yang jatuh cinta dengan teman curhatnya.
BUTUH MOTIVATOR
Sifat ilmiah manusia adalah merasakan suka dan duka. Karena itu manusia selalu butuh motivator dalam keadaan apapun. Kalo’ lagi senang, ia butuh motivasi berupa apresiasi, sebaliknya kalo’ lagi sedih ia butuh motivasi berupa nasehat-nasehat yang bisa bikin ia lupa dengan dukanya. Seseorang pasti akan sangat senang kalo’ didampingi oleh orang-orang yang selalu memotivasinya. Apalagi kalo’ motivasi itu berasal dari orang yang disukainya. Survey membuktikan bahwa motivasi dapat membangun prestasi belajar dan bekerja.
BUTUH PERHATIAN
Siapa sich yang ngga’ butuh perhatian ? bahkan orang cuek sekalipun akan membutuhkan perhatian. Manusia sebagai mahluk sosial haus perhatian. Seseorang akan merasa dihargai keberadaannya ketika ia dihargai oleh orang-orang disekelilingnya.Ngga’ beda dengan motivasi, perhatian juga bisa membangun pola pikir dan laku seseorang supaya menjadi lebih baik. So, alangkah senangnya orang yang kita cintai memperhatikan kita. Rasanya beda dech !
SUDAH BERUMUR TAPI BELUM PACARAN
Usia juga ternyata bisa mempengaruhi seseorang jatuh cinta. Memang semua orang tidak akan pernah luput dari rasa cinta tapi tidak semua orang juga dapat merefleksikan cinta tersebut. Ada sebagian orang yang baru bisa merefleksikan cintanya disaat usianya sudah mendekati ‘limit’ alias berumur. Makanya doi biasanya agak tergesa-gesa dalam menentukan pilihan. Hati-hati, bisa-bisa salah pilih tuch !! Tapi sudah bagian dari fitrah manusia kalo’ mereka punya potensi untuk mencintai dan dicintai. Kata Victor Hugo, kebahagiaan yang tertinggi adalah pengakuan kalo’ kita dicintai.
CINTA ITU KEBUTUHAN
Percaya ngga’ kalo’ cinta itu kebutuhan ? jangan salah loh, cinta itu memang termasuk kebutuhan. Cinta itu bagian dari emosi yang secara alamiah ngga’ bisa dihindari. Karena posisinya itu, cinta jadi kebutuhan yang mesti dipenuhi. Makanya, Abraham Maslow memasukkan cinta ke dalam hirarki kebutuhan manusia. Maslow juga bilang, jika kebutuhan ini ngga’ dipenuhi maka kamu akan merasakan kesepian yang beigtu mendalam. Pada akhirnya kamu juga yang rugi karena hubungan sosialmu ngga’ bagus. Kalo’ sudah gitu bisa ditebak khan, hidup kamu ngga’ ada artinya bukan ?
TIDAK DAPAT HIDUP SENDIRI
Tuhan menciptakan laki-laki dan perempuan dengan tujuan agar keduanya saling mengenal, menyayangi dan saling menolong. Keduanya pun punya tugas yang sama, yaitu melestarikan kehidupan meskipun ada perbedaan peran dalam keduanya. Nah, peran inilah yang bisa ngejadiin keduanya ngejalanin fungsinya sebagai mahluk sosial. Papa ‘N Mama misalnya, karena mereka memiliki peran yang berbeda maka keluargamu bisa hidup dengan baik. Kebayang kan, kalo’ keduanya tidak saling ngebantu, wow … rumahmu ngga’ akan tenteram. Nah manusia bisa saling mengenal, menyayangi ‘N menolong, Tuhan memberikan potensi kepada laki-laki dan perempuan rasa cinta. Dan rasa cinta ini pula yang akan membantu laki-laki dan perempuan untuk melestarikan keturunan agar kehidupan harus terus berlanjut. Mulia kan tugas keduanya. Coba kalo’ keduanya saling bermusuhan, ehm … bisa-bisa ngga’ ada kehidupan. That’s Why, laki-laki ‘N perempuan ngga’ bisa hidup terpisah. So, sudah sewajarnya kalo’ laki-laki ‘N perempuan saling jatuh cinta.

Hujan

HUJAN by Fahmi Ramadhan

pagi ini, hujan mengingatkanku pada dirinya, pada kenangan yang membuatku seperti sekarang ini. pada kenangan yang selalu saja membuahkan bulir-bulir air mata seperti hujan. hujan juga mengingatkanku pada masa depan yang harus segera aku capai. masa depan atas masa lalu ku.

aku harus terus berjalan, terus, dan terus berjalan. sampai saatnya tiba, aku berhenti dan berkata, “inilah tempat terakhir dalam perjalananku.”

lewat hujan di pagi ini ku titip rindu tak berperih, ku tanam luka yang mendalam. terima kasih hujan !!!

PENATAAN atau PENGgusurAN?

Terlihat sebuah keramaian di kawasan pedagang Pintu 0 Uiversitas Hasanuddin atau yang lebih dikenal dengan sebutan “Workshop” pada hari jumat tepatnya tanggal 15 juni 2012. Terlihat beberapa orang sedang merubuhkan atap dari salah satu warung makan yang berada di kawasan tersebut dan beberapa pedagang lain yang berada di tempat itu hanya diam dan berdiri melihat kejadian tersebut.

Berdasarkan keterangan dari beberapa orang yang terlibat dalam pembongkaran warung tersebut yang juga merupakan pihak dari Universitas Hasanuddin, menyatakan bahwa hal ini merupakan penataan yang dilakukan oleh pihak Unhas dan hal ini juga merupakan kesepakatan dari Forum Pedagang Kaki Lima (FPKL) yang ada disini. “Jadi, semua bangunan yang berdiri di atas saluran air akan dimundurkan, agar saluran air tersebut dapat diperbaiki dan berfungsi kembali, supaya tidak terjadi banjir” tutur salah seorang pihak Universitas Hasanuddin yang juga ikut serta melakukan pembongkaran.

Namun ketika orang – orang tersebut ingin melakukan hal yang sama kepada pedagang yang berada di samping warung makan yang telah dibongkar tadi, ternyata pedagang tersebut menolak untuk dibongkar tempatnya. “Saya sudah menghadap langsung ke pihak rektorat Unhas, katanya tidak ada pembongkaran pak, yang ada hanya pemetaan” tegas pedagang yang warungnya juga ingin dibongkar. Sempat terjadi perdebatan yang terjadi antara pedagang tersebut dengan salah seorang pihak rektorat yang ada saat itu. Salah satu  mahasiswa yang juga aktif dalam mengawal kasus pedagang “Workshop” tersebut juga menyatakan hal yang senada dengan pedagang tadi, bahwa kesepakatan yang dicapai adalah hanya dilakukan pemetaan ulang dan tidak ada kata pembongkaran untuk pedagang yang ada di workshop.

Namun berdasarkan tuturan dari pihak humas FPKL workshop bahwa sebetulnya telah ada kesepakatan lebih lanjut yang dilakukan oleh FPKL dengan pihak rektorat Unhas. Dan ternyata informasi tersebut tidak disosialisasikan kepada semua pedagang yang ada di tempat yang sering ramai oleh mahasiswa itu. Selain tidak tersampaikannya informasi tentang kesepakatan tersebut, menurut penuturan beberapa pedagang yang sempat kami tanyai, bahwa pihak FPKL yang mengatasnamakan dirinya sebagai perwakilan pedagang – pedagang dalam  kasus ini, ternyata tidak pernah sekalipun melibatkan pedagang – pedagang dalam pengambilan keputusan yang dilakukan dalam FPKL. Namun pihak FPKL hanya mengambil keputusan berdasarkan suara beberapa orang saja, misalnya RT ataupun RW setempat.

Setelah kejadian tersebut, beberapa pedagang tetap bertahan dan tidak ingin membongkar tempat dagangannya dengan alasan apapun, karena memang yang mereka sepakati dengan pihak Unhas adalah pemetaan ulang untuk penataan. Jadi apakah hal ini diartikan penataan atau pengGUSURan oleh pihak Universitas yang katanya terbaik di Indonesia Timur ini ?

Pendatang Baru Mulai Bermunculan

Ada hal yang berbeda terlihat di Fakultas Ekonomi UNHAS  hari ini. Sangat banyak orang yang berlalu-lalang di pelataran FE-UH. Seperti yang telah ditetapkan bahwa besok akan diadakan SNMPTN. Dan tentu saja orang – orang yang terlihat sibuk itu merupakan orang yang sedang mencari ruang ujiannya yang terletak di Fak. Ekonomi Univ. Hasanuddin

Sebanyak 24.101 pendaftar SNMPTN akan mengikuti tes yang akan dilaksanakan pada tanggal 12-13 juni 2012. Jumlah ini melampaui angka yang diperoleh UNHAS pada pendaftaran jalur penerimaan yang sama pada tahun 2011 yang berjumlah 22.051 pendaftar.

Jumlah pendaftar tersebut terdir dari Prodi IPA 7.865, IPS 3.400 ,dan IPC berjumlah 13.096 orang. Kenaian pelamar tahun ini mencapai 2.050 orang pada tahun ini.

Unhas menyediakan 391 ruang ujian unutk kelompok IPA, 175 untuk IPS, dan 631 ruang untuk IPC.

Ujian tertulis SNMPTN dilaksanakan 12 – 13 Juni 2012. Pada hari yang sama 1.210 orang yang dinyatakan lulus, termasuk 332 orang yang menerima beasiswa bidikmisi melaksanakan registrasi online di Unhas.

 

Selamat Datang !!!

SELAMAT DATANG di website resmi IMMAJ FE-UH. Di sini anda dapat mengakses informasi apapun tentang IMMAJ FE-UH, mulai dari sejarah, visi dan mis kepengurusan, program kerja, serta info terkini tentang IMMAJ FE-UH ataupun tentang Fakultas Ekonomi Univ. Hasanuddin.